Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Ice Cream Momoyo Cabang Rungkut Surabaya

Authors

  • Arnoldina Hoar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, Indonesia
  • Rifda Fitrianty Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, Indonesia
  • M. Azizul Khakim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.63200/jebmass.v4i1.231

Keywords:

Price, Promotion, Product Quality, Purchasing Decision

Abstract

This study aims to examine the influence of price, promotion, and product quality on consumer purchasing decisions at Ice Cream Momoyo, Rungkut Branch, Surabaya. The background of this research is based on the increasing competition in the modern beverage industry, particularly among Millennials and Generation Z, who serve as the target market. This research employs a quantitative approach with a survey method. Data were collected through the distribution of questionnaires to 100 respondents who had purchased and consumed Momoyo products. The sampling technique used was purposive sampling, and the sample size was determined using the Cochran formula. The data analysis technique applied is multiple linear regression with the assistance of SPSS version 23. The results show that the variables of price, promotion, and product quality have a positive and significant effect on purchasing decisions. Simultaneously, price, promotion, and product quality significantly influence purchasing decisions, with a coefficient of determination value of 82.1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhari, Muhammad. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Surabaya: Penerbit Sains Media

Ajijah, S., Mahendra, D., & Prasetyo, A. (2023). Kualitas produk dan faktor-faktor penentu dalam pemasaran. Bandung: Penerbit Tiga Pilar

Akbari, R., & Hastoko, S. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian minuman bir pletok di Hana Kuliner Jakarta. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(5), 298–307. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i5.319

Al Khatiri, A. A., Sucipto, H., Riono, S. B., & Harini, D. (2023). The influence of marketing strategy and service quality on sales volume in MSMEs Penyet 18 Pabuaran, Cirebon Regency. International Journal of Economic, Social and Science Research (IJESSR), 1(1), 1–10. https://jurnal.eraliterasi.com/index.php/ijessr/article/view/59

Arfah, Siti. (2022). Strategi pemasaran dan komunikasi dalam era digital. Jakarta: Penerbit Media Utama

Arfah, Yenni. (2022). Keputusan Pembelian Produk. Padangsidimpuan: Penerbit PT Inovasi Pratama Internasional

Ariyani, Siti. 2022. Manajemen Pemasaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Mitra Media

Arman, M.M . (2022). Introduksi Manajemen Pemasaran: Dasar dan Pengantar Manajemen Pemasaran. Pagar Alam: Penerbit LD Media

Asrul, A. (2022). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian makanan khas Lapek Barajuik One Azumar di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ekonomika dan Bisnis (JEBS), 2(1), 180–191. https://doi.org/10.47233/jebs.v2i1.76

Assauri, S. (2022). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Depok: Penerbit PT Raja Grafindo Persada

Ferdinand, A. (2021). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911

Gunawan, Budi. (2022). Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian. Jakarta: Penerbit Cipta Media Nusantara

Hanief, R. A., & Purnama, N. I. P. I. (2024). Strategi pemasaran peternak ayam broiler di Surya Endang Farm Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1441–1454. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/4166

Hartini, Rini. (2021). Manajemen produk dan strategi pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Mitra Abadi

Harto, B., Nugroho, R. J., Saragih, M. M. S., Syadzili, M. F. R., & Fachrurazi, F. (2021). Manajemen Bisnis Edisi : 2021. Medan: Percetakan Cendikia Mulia Mandiri

Hidayah, N. Ekspor es krim Indonesia melonjak 104,4% pada 2022, Filipina dan Malaysia. https://newssetup.kontan.co.id/news/ekspor-es-krim-indonesia-melonjak-1044-pada-2022-filipina-dan-malaysia-jadi-tujuan-utama (diakses tanggal 18 april 2023)

Ibrahim, A. M., Ali, H., Rahmadani, M., Carollina, A. J., & Aunila, N. S. (2025). Pengaruh promosi, kualitas layanan, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Badan Jurnal PT OGZ Research and Publishing. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 6(3), 193–200. https://doi.org/10.38035/jimt.v6i3.4553

Indah, I., Putri, R., Fadhilah, D., Nasution, A. W., Affandi, I., Seri, E., Medan, P. N., & Tea, F. (2024). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian es krim Momoyo mahasiswa Muslim Akuntansi Politeknik Negeri Medan. Jurnal Inovasi Akuntansi, 5(2), 436–441.

Kotler, P., & Keller, K. L (2021). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-16). Jakarta: Penerbit Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing management. Jakarta: Penerbit Earlangga

Lupiyoadi, R. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 5). Jakarta: Salemba Empat.

Mardia, M., Sari, R. A., & Hidayat, T. (2021). Jakarta: Manajemen Pemasaran. Penerbit Cerdas Mandiri

Noerchomalasari, T. A. Kenapa es krim menjadi minuman favorit di kalangan usia. https://www.kompasiana.com/tasyaanisanoerchomalasari2954/6522263eedff76105d618122/kenapa-es-krim-menjadi-minuman-favorit-dikalangan-usia (diakses tanggal 8 oktober 2023)

Nurfatmah, W., Suhardi, D., & Gunawan, W. H. (2024). Pengaruh persepsi harga dan variasi produk terhadap keputusan pembelian produk Tupperware dengan citra merek sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 1–10. https://journal.feb.uniku.ac.id/jimeb/article/view/72

Qadrina, S., Putra, S., & Digdowiseiso, K. (2023). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen minuman boba pada usaha Aus di Bangka, Pela Mampang, Jakarta Selatan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8988–8995.

Ramadhan, R., & Defrizal. (2023). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian baju distro Otsky. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 7(2), 444–450. https://journal.lembagakita.org/emt/article/download/1100/845/3826

Rini, Y. P., & Sari, D. P. (2022). Pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 10 No. 2, Hal:45–60.

Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327–1342. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.931

Sari, M. B., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Teh Gelas di Kota Surabaya. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 851–858. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2663.

Sarjana, Sulaeman. (2022). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis Modern. Jakarta: Penerbit Prenada Media Group

Setiawan, I. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue. FEB UIN JAKARTA).

Setyaningsih, Rini, & Suprapto, Budi. (2021). Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian. Surabaya: Penerbit Graha Ilmu

Simamora, N. S. Cek perbandingan harga kemitraan Mixue dan Momoyo,. https://entrepreneur.bisnis.com/read/20240423/263/1759834/cek-perbandingan-harga-kemitraan-mixue-dan-momoyo-ini-rinciannya (diakses tanggal 23 april 2024)

Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sundari, R., Riono, H., & Prasetyo, A. (2022). Pengaruh faktor promosi terhadap perilaku dan pola pikir konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Jurnal Pemasaran Indonesia, Vol.15, No. 4, Hal:210–225.

Tasyaeka. Momoyo Ice Cream & Fruit Tea: https://www.kompasiana.com/tasyaeka1763/67636c9234777c3e492c01d5/momoyo-ice-cream-fruit-tea-memanjakan-lidah-dengan-kesegaran-berkualitas (diakses tanggal 17 april 2024)

Tjiptono, Fandy. (2023). Strategi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Andi Offset

Tonce, Y., & Rangga, Y. D. P. (2022). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2), 316–326.

Yamit, Iwan. (2022). Dimensi kualitas produk dan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan. Jakarta: Penerbit Ilmu Manajemen.

Downloads

Published

2025-11-17

How to Cite

Arnoldina, Rifda, & M.Azizul K. (2025). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Ice Cream Momoyo Cabang Rungkut Surabaya. JOURNAL OF ECONOMICS, BUSINESS, MANAGEMENT, ACCOUNTING AND SOCIAL SCIENCES, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.63200/jebmass.v4i1.231
Abstract Views: 6 | File Views: 4