Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Ice Cream Momoyo Cabang Rungkut Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.63200/jebmass.v4i1.231Keywords:
Price, Promotion, Product Quality, Purchasing DecisionAbstract
This study aims to examine the influence of price, promotion, and product quality on consumer purchasing decisions at Ice Cream Momoyo, Rungkut Branch, Surabaya. The background of this research is based on the increasing competition in the modern beverage industry, particularly among Millennials and Generation Z, who serve as the target market. This research employs a quantitative approach with a survey method. Data were collected through the distribution of questionnaires to 100 respondents who had purchased and consumed Momoyo products. The sampling technique used was purposive sampling, and the sample size was determined using the Cochran formula. The data analysis technique applied is multiple linear regression with the assistance of SPSS version 23. The results show that the variables of price, promotion, and product quality have a positive and significant effect on purchasing decisions. Simultaneously, price, promotion, and product quality significantly influence purchasing decisions, with a coefficient of determination value of 82.1%.
Downloads
References
Adhari, Muhammad. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Surabaya: Penerbit Sains Media
Ajijah, S., Mahendra, D., & Prasetyo, A. (2023). Kualitas produk dan faktor-faktor penentu dalam pemasaran. Bandung: Penerbit Tiga Pilar
Akbari, R., & Hastoko, S. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian minuman bir pletok di Hana Kuliner Jakarta. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(5), 298–307. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i5.319
Al Khatiri, A. A., Sucipto, H., Riono, S. B., & Harini, D. (2023). The influence of marketing strategy and service quality on sales volume in MSMEs Penyet 18 Pabuaran, Cirebon Regency. International Journal of Economic, Social and Science Research (IJESSR), 1(1), 1–10. https://jurnal.eraliterasi.com/index.php/ijessr/article/view/59
Arfah, Siti. (2022). Strategi pemasaran dan komunikasi dalam era digital. Jakarta: Penerbit Media Utama
Arfah, Yenni. (2022). Keputusan Pembelian Produk. Padangsidimpuan: Penerbit PT Inovasi Pratama Internasional
Ariyani, Siti. 2022. Manajemen Pemasaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Mitra Media
Arman, M.M . (2022). Introduksi Manajemen Pemasaran: Dasar dan Pengantar Manajemen Pemasaran. Pagar Alam: Penerbit LD Media
Asrul, A. (2022). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian makanan khas Lapek Barajuik One Azumar di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ekonomika dan Bisnis (JEBS), 2(1), 180–191. https://doi.org/10.47233/jebs.v2i1.76
Assauri, S. (2022). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Depok: Penerbit PT Raja Grafindo Persada
Ferdinand, A. (2021). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911
Gunawan, Budi. (2022). Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian. Jakarta: Penerbit Cipta Media Nusantara
Hanief, R. A., & Purnama, N. I. P. I. (2024). Strategi pemasaran peternak ayam broiler di Surya Endang Farm Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1441–1454. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/4166
Hartini, Rini. (2021). Manajemen produk dan strategi pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Mitra Abadi
Harto, B., Nugroho, R. J., Saragih, M. M. S., Syadzili, M. F. R., & Fachrurazi, F. (2021). Manajemen Bisnis Edisi : 2021. Medan: Percetakan Cendikia Mulia Mandiri
Hidayah, N. Ekspor es krim Indonesia melonjak 104,4% pada 2022, Filipina dan Malaysia. https://newssetup.kontan.co.id/news/ekspor-es-krim-indonesia-melonjak-1044-pada-2022-filipina-dan-malaysia-jadi-tujuan-utama (diakses tanggal 18 april 2023)
Ibrahim, A. M., Ali, H., Rahmadani, M., Carollina, A. J., & Aunila, N. S. (2025). Pengaruh promosi, kualitas layanan, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Badan Jurnal PT OGZ Research and Publishing. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 6(3), 193–200. https://doi.org/10.38035/jimt.v6i3.4553
Indah, I., Putri, R., Fadhilah, D., Nasution, A. W., Affandi, I., Seri, E., Medan, P. N., & Tea, F. (2024). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian es krim Momoyo mahasiswa Muslim Akuntansi Politeknik Negeri Medan. Jurnal Inovasi Akuntansi, 5(2), 436–441.
Kotler, P., & Keller, K. L (2021). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-16). Jakarta: Penerbit Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing management. Jakarta: Penerbit Earlangga
Lupiyoadi, R. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 5). Jakarta: Salemba Empat.
Mardia, M., Sari, R. A., & Hidayat, T. (2021). Jakarta: Manajemen Pemasaran. Penerbit Cerdas Mandiri
Noerchomalasari, T. A. Kenapa es krim menjadi minuman favorit di kalangan usia. https://www.kompasiana.com/tasyaanisanoerchomalasari2954/6522263eedff76105d618122/kenapa-es-krim-menjadi-minuman-favorit-dikalangan-usia (diakses tanggal 8 oktober 2023)
Nurfatmah, W., Suhardi, D., & Gunawan, W. H. (2024). Pengaruh persepsi harga dan variasi produk terhadap keputusan pembelian produk Tupperware dengan citra merek sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 1–10. https://journal.feb.uniku.ac.id/jimeb/article/view/72
Qadrina, S., Putra, S., & Digdowiseiso, K. (2023). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen minuman boba pada usaha Aus di Bangka, Pela Mampang, Jakarta Selatan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8988–8995.
Ramadhan, R., & Defrizal. (2023). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian baju distro Otsky. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 7(2), 444–450. https://journal.lembagakita.org/emt/article/download/1100/845/3826
Rini, Y. P., & Sari, D. P. (2022). Pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 10 No. 2, Hal:45–60.
Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327–1342. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.931
Sari, M. B., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Teh Gelas di Kota Surabaya. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 851–858. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2663.
Sarjana, Sulaeman. (2022). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis Modern. Jakarta: Penerbit Prenada Media Group
Setiawan, I. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue. FEB UIN JAKARTA).
Setyaningsih, Rini, & Suprapto, Budi. (2021). Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian. Surabaya: Penerbit Graha Ilmu
Simamora, N. S. Cek perbandingan harga kemitraan Mixue dan Momoyo,. https://entrepreneur.bisnis.com/read/20240423/263/1759834/cek-perbandingan-harga-kemitraan-mixue-dan-momoyo-ini-rinciannya (diakses tanggal 23 april 2024)
Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sundari, R., Riono, H., & Prasetyo, A. (2022). Pengaruh faktor promosi terhadap perilaku dan pola pikir konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Jurnal Pemasaran Indonesia, Vol.15, No. 4, Hal:210–225.
Tasyaeka. Momoyo Ice Cream & Fruit Tea: https://www.kompasiana.com/tasyaeka1763/67636c9234777c3e492c01d5/momoyo-ice-cream-fruit-tea-memanjakan-lidah-dengan-kesegaran-berkualitas (diakses tanggal 17 april 2024)
Tjiptono, Fandy. (2023). Strategi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Andi Offset
Tonce, Y., & Rangga, Y. D. P. (2022). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2), 316–326.
Yamit, Iwan. (2022). Dimensi kualitas produk dan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan. Jakarta: Penerbit Ilmu Manajemen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arnoldina Hoar; Rifda Fitrianty, M. Azizul Khakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








